pengertian web server dan web browser beserta contohnya


 Pengertian Web Server

Web server atau server web merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali atau merespon hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML atau PHP.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Safari, Opera dan lain-lain, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang kamu minta

Contoh Web Server

Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

Apache
Apache Tomcat
Nginx
Lighttpd
Litespeed
Microsoft Internet Information Services (IIS)


Pengertian Web Browser

 Setiap pengguna komputer yang terhubung ke jaringan internet pasti pernah menggunakan web browser. Untuk bisa  terhubung ataupun membuka halaman situs yang ada di jaringan internet, setiap orang membutuhkan program web browser. Program web browser pada dasarnya telah disediakan ataupun diinstal di dalam setiap sistem operasi komputer. Meskipun begitu, kebanyakan pengguna perangkat komputer biasanya selalu menginstal program web browser lainnya yang lebih mereka sukai. Beberapa program web browser populer yang paling banyak digunakan yaitu Google Crome, Mozilla Firefox, Safari Browser, Opera browser dan Internet Explorer.

Pengertian Web Browser Dilihat dari Arti Kata dan Fungsinya

Jika ditinjau dari frasa katanya, web browser terdiri atas dua kata berbahasa Inggris yaitu kata’web’ dan kata ‘browser’. Arti dari kedua kata ini yaitu : web merupakan singkatan dari website yaitu halaman situs yang ada di jaringan internet, sedangkan browser dapat diartikan sebagai media penjelajah. Dari kedua arti kata ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa web browser merupakan alat penjelajah halaman situs website.

Jika ditinjau dari fungsinya sendiri, pengertian web browser adalah sebuah program yang berfungsi sebagai media untuk membuka berbagai macam halaman situs yang ada di jaringan internet.

Beberapa Contoh Web Browser Populer

• Google Crome
Google Crome merupakan sebuah program browser yang dibangun oleh perusahaan raksasa Google. Browser ini merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Tampilan yang minimalis, disertai dengan loading program yang cepat membuat browser ini disukai oleh para pengguna jaringan internet.

• Mozilla Firefox
Sebelum Google Crome terkenal dan merajai dunia web browser, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet. Berbeda dengan Google Crome yang dimiliki dan dikuasai oleh satu perusahaan, Mozilla Firefox merupakan program open source yang pengembangannya diserahkan oleh publik pecinta jaringan internet.

• Safari Browser
Safari Browser merupakan browser standar bawaan pabrikan Apple. Browser ini terbilang cukup sukses dan banyak juga digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

• Opera Browser

Browser populer yang selanjutnya adalah opera browser. Program web browser Opera dibuat dan dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan Opera Software. Browser ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1994 dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna dari seluruh belahan dunia.

Itulah pengertian web browser dan beberapa contoh web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna layanan internet. Hingga saat ini ada banyak sekali program-program web browser yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk web browser di perangkat komputer ataupun gadget Anda.


Komentar

  1. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya AMANDA MONICA (1922500162) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan html 4 dan html 5